KENAPA DIRUMAH PERLU PASANG TANKI AIR

KENAPA DIRUMAH PERLU PASANG TANKI AIR

TANGKI AIR dengan berbagai kombinasi warna dan ukuran biasa dijumpai dirumah pelanggan air bersih. Biasanya dibuat ditempat yang tinggi. Untuk mengantisipasi kalau-kalau suplai air mati akibat gangguan air bersih. Gangguan air bersih bisa terjadi karena banyak hal. Bisa terjadi karena hal-hal yang terencana seperti pemeliharaan instalasi pengolahan air bersih, dan perbaikan pipa distribusi. Bisa juga terjadi karena hal darurat yang bersifat mendadak, seperti kebocoran pipa distribusi yang harus segera diperbaiki , matinya aliran listrik atau pembangkit tenaga listrik secara tiba-tiba. Untuk gangguan air bersih karena hal-hal yang sudah terencana seperti pemeliharaan instalasi pengolahan air bersih atau pemeliharaan dan pemasangan pipa  distribusi, pemberitahuan melalui surat kabar atau radio akan dilakukan terlebih dahulu.

     Bisa dipahami bila untuk meningkatkan kinerja distribusi air bersih sering terjadi pemasangan alat-alat dan itu di beberapa tempat. Pada saat pemasangan tersebut aliraan air untuk daerah sekitarnya harus dimatikaan selama beberapa jam. Gangguan aliran air bersih bisa juga terjadi karena adanya penyambungan jaringaan distribusi baru di daerah perumahan baru yang tumbuh begitu pesat. Bisa juga karena adanya pencurian air dengan cara melubangi pipa distribusi, untuk memperbaikinya terpaksa aliran air di daerah sekitarnya harus dimatikan terlebih daahulu. Dalam keadaan suplai air mati itulah tangki air berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
     Di daerah tertentu karena letaknya yang tinggi atau sangat jauh dari instalasi pengolahan air bersih supplai air tidak selalu lancar. Aliran air mengecil atau bahkan mati pada beban pemakaian puncak. Di beberapa tempat supplai air tidak penuh 24 jam sehari, bahkan ada yang hidup selama beberapa jam saja pada malam air. Untuk daerah-daerah seperti ini penggunaan tangki air di rumah sangat diajurkan.
     Penggunaan tangki air bersih di rumah-rumah sangat dianjurkan terutama untuk  mengantisipasi suplai air yang makin sulit pada musim kemarau. pemakaian tangki air di rumah-rumah masih belum menjadi prioritas, padahal bak-bak air yang dibuat di rumah-rumah developer sangat kecil. Bahkan banyak rumah yang kamar mandinya dibuat tanpa bak mandi karena menggunakan shower. Bila air mati tiba-tiba apa yang terjadi?
pasti anda tahu….

Tinggalkan Balasan